Apa ya genosida itu? apa pernah terjadi di dunia ini?


 halo teman-teman perkenalkan nih saya Luis dari kelas 12 dari sekolah SMA Gracia akan menjelaskan tentang genosida. jadi pertama saya akan menjelaskan tentang genosida terlebih dahulu. menurut wikipedia pengertian Genosida adalah sebuah pembantaian besar-besaran secara sistematis terhadap satu suku bangsa atau sekelompok suku bangsa dengan maksud memusnahkan atau membuat punah bangsa tersebut. kata ini pertama kali ditemukan dan digunakan oleh seorang ahli hukum ponlandia, Raphael Lemkin, pada tahun 1944 dalam bukunya Axis Rule in Occupied Europe yang diterbitkan di Amerika Serikat. kata diambil dari bahasa Yunani: γένος - genos('ras', 'bangsa', atau 'rakyat') dan bahasa Latin: caedere('membunuh')

jadi setelah kita tahu nih arti dari genosida, ternyata genosida adalah suatu perbuatan yang sangat kejam sekali ya teman-teman. jangan kita sekali-kali menjadi yang mempraktekan kejahatan genosida ini ya. setelah kita tahu pengertian dari genosida, teman-teman pasti mau tahu juga kan apa saja sih genosida yang pernah terjadi di dunia ini? kakak akan rangkum beberapa contoh tentang genosida yang pernah terjadi. kira-kira ada gak ya kejadian ini di negara kita tercinta Indonesia?  

1. pembantaian bangsa kanaan oleh bangsa Yahudi pada milenium pertama sebelum Masehi 

2. pembantaian bangsa Aboriji di benua Australia oleh Britania raya semenjak tahun 1788

kejadian ini bermula ketika negara eropa termasuk inggris pergi untuk mencari rempah-rempah serta menjelajah dunia ini. pada saat ini juga negara kita mulai didatangi oleh bangsa asing. Britania Raya menganggap bahwa bangsa aborijin adalah bangsa yang tinggalnya nomaden atau tinggalnya perpindah-pindah tempat. jadi mereka mengambil kesimpulan bahwa bangsa Aborijin dapat mereka usir dari tempat tinggalnya sehingga mereka bisa menguasai daerahnya itu. tapi malah bangsa Aborijin mengalami penurunan populasi hampir 90% dari tahun 1788-1900. untuk lebih lengkapnya bisa diakses di link ini ya teman-teman, Suku Aborigin - Sejarah, Asal Usul dan Kehidupannya Lengkap (dosenpendidikan.co.id).



3. pembantaian orang Yahudi, orang Gipsi (sinti dan roma) dan bangsa Slavia oleh kaum Nazi Jerman pada perang dunia II 

pembantaian ini dilakukan lantaran Hitler yang kesal karena kekalahannya pada perang dunia I. pemusnahan ini dilakukan dnegan cara progrom (serangan dengan kekerasan), penembakan, dan pembunuhan massal di kamp-kamp menggunakan gas beracun. selain orang Yahudi, sekitar lima juta orang lainnya juga menjadi target karena alasan rasial, politik, ideologi, dan orientasi seksual. boleh nih temen-temen ulik lebih dalam kakak akan berikan linknya ya, Holocaust, Pembantaian Jutaan Yahudi oleh Hitler (kompas.com)



4. pembantaian kaum berkulit hitam di Darfur oleh milisi Janjaweed di Sudan pada 2004 
pembantaian ini mengakitbatkan lebih dari 200 ribu orang tewas dan jutaan orang mengungsi dari darfur akibat genosida non-Arab oleh Janjaweed. Musa Hilal adalah pimpinan Janjaweed yang sangat berpengaruh dalam merekrut anggota dan pengerahan milisi. sangat kejam bukan teman-teman ini hanya sebagian kecilnya saja loh kalian bisa lihat gambar di bawah ini atau mungkin kalian ingin lebih tahu kronologinya boleh loh kunjungi link ini, Kelakuan Brutal Milisi Janjaweed: Membakar Hingga Memperkosa (tirto.id)

5.  G30S PKI
ternyata genosida ini juga pernah terjadi di indonesia kita ini ya teman-teman. kira-kira gimana y kronologinya, penasaran bukan? sampai ketemu di tulisan selanjutnya ya. bye-byeeee. Engh enggak deh bercanda aja ya teman-teman, sini kakak akan jelaskan ya. 
peristiwa ini terjadi pada 30 september 1965 ini merupakan salah satu kasus genosida terbesar yang pernah terjadi di indonesia. pasalnya, peristiwa dengan nama G30S ini mengakibatkan beberapa jenderal TNI meninggal dunia. Akibat peristiwa yang mengenaskan ini, diperkirakan bahwa korban yang tewas mencapai 500 ribu orang sekaligus. peristiwa ini melahirkan sebuah film sejarah pengkhianatan G30S PKI yang disutradarai oleh Arifin C.Noer. boleh nih kalau teman-teman mau menontonnya akan kakak taruh ya linknya, (338) Film G 30 S / PKI (Arifin C. Noer - 1984) [Full HD] - YouTube. tapi kakak mau ingatkan ya film ini mengandung kekerasan jadi teman-teman yang masih di bawah 13 tahun harap menonton didampingi oleh orang dewasa ya. 

setelah kita tahu nih beberapa contohnya kakak memberi tahu beberapa peraturan di Indonesia yang mengatur tentang genosida ini ya. Balitbang Hukum dan HAM menolak gerakan genosida, dan hal ini diatur dalam undang-undang . Dalam aturan itu, pembunuhan atau pembataian massal (genocide) terbukti dapat mengakibatkan kerugian besar pada kemanusiaan. Maka, diperlukan kerja sama secara internasional untuk menghentikan peristiwa genosida di dunia. ada pun sejumlah pasal dalam hukum yang menjelaskan seputar gerakan pembunhan massal.

berikut beberapa contohnya kakak lampirkan di bawah ini ya teman-teman

pasal 1
para negara peserta menguatkan bahwa genosida, apakah dilakukan pada waktu damai atau pada waktu perang, merupakan kejahatan menurut hukum internasional, di mana merekan berusaha untuk mencegah dan menghukumnya. 

pasal 3 
perbuatan-perbuatan berikut ini dapat dihukum, yakni:

- genosida 
- Persekongkolan untuk melakukan genocide 
- Hasutan langsung dan di depan umum untuk melakukan genosida 
- Mencoba melakukan genosida 
- Keterlibatan dalam pembunuhan massal 

pasal 5 
para Negara peserta berusaha membuat sesuai dengan konstitusi merekan masing, perundang-undangan yang diperlukan untuk memberlakukan ketentuan-ketentuan dalam konvensi, terutama untuk menjahtuhkan hukuman-hukuman yang efektif bagi orang-orang yang bersalah karena melakukan genosida atau setiap dari perbuatan-perbuatan lain yang disebutkan dalam pasal 3 

setelah teman-teman tahu nih beberapa peraturan ini, kita semakin ditegaskan yah untuk tidak melakukan perbuatan genosida ini, karena semua dampaknya tuh dampak negatif semua. kemudian apa sih yang bisa kita lakukan untuk mencegah tindak genosida ini ya? 

kalau menurut Gregory Stanton dalam bukunya yang berjudul The Seven Stages of Genocide mengemukakan tujuh langkah untuk mencegah kejahatan genosida, yaitu: 

1. Klasifikasi: ini dilakuakan dengan cara mengembangkan lembaga-lembaga yang universalistik dan transendental.

2. Simbolisasi: untuk melawan atau memberantas simbolisasi, simbol-simbil kebencian dapat dilarang secara hukum 

3. Organisasi: pada kejahatan genosida, unit-unit tentara khusus atau milisi sering dilatih dan dipersenjatai. karenanya, anggota-anggota unit milisi ini harus dilarang 

4. Polarisasi: memberikan perlindungan keamanan kepada pemimpin-pemimpin moderat atau bantuan bagi kelompok-kelompok HAM

5. Identifikasi: korban-korban diidentifikasi dan dipisahkan karena identitas etnik atau agama mereka 

6. Pemusnahan: pada langkah ini, hanya intervensi militer yang cepat dan besar dapat menghentikan genosida

7. Penyangkalan: pelaku genosida umumnya menyangkal bahwa mereka telah melakukan kejahatan. Respons bagi penyangkalan adalah penghukuman melalui suatu mahkamah internasional atau nasional 

pada akhirnya nih setelah semua ini kakak ingin mengajak teman-teman untuk membantu dalam mencegah tindakan ini ya, karena tindakan ini sangat mengerikan dan berbahaya bahkan bisa memusnahkan bangsa juga loh. jadi teman-teman jangan sampai menjadi salah satu bagian pelaku genosida ya. jika kalian bertemu orang yang mencurigahkan boleh diinvestigasi dulu ya baru beritahu kepada orang yang lebih dewasa, sampai akhirnya orang tua kalian akan melaporkan itu kepada pihak yang berwajib ya. 

sekian kakak pamit undur diri sampai jumpa di tulisan selanjutnya dan jangan lupa berikan pertanyaan kalian ya di kolom komentar. bye-byeee👋👋👋



daftar pustaka 

Komentar

  1. Apakah ada tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya genosida di masa depan?

    BalasHapus
  2. halo kak jeremy saya ingin menanggapi komentar kakak nih. tindakan yang dapat dilakukan mungkin adalah menjadi bagian dari masyarakat untuk mencegah tindakan genosida ini dan bukan saja mengandalkan aparat saja. karena kerjasama di antara masyarakat dan aparat menghasilkan dampak yang besar bagi pencegahan tindakan genosida ini ya. kakak bisa melihat cara mengenali orang-orang yang akan melakukan tindakan pencegahan genosida yang dikemukakan oleh Gregory Stanton ya.

    BalasHapus
  3. apa yang membuat genosida dapat terjadi?

    BalasHapus
  4. halo kak nicho, saya bantu jawab ya. jadi genosida secara singkat dapat terjadi karena pengalaman buruk seseorang terhadap masa kecilnya atau bisa juga disebabkan oleh kebencian terhadap suatu suku bangsa sehingga ingin memusnahkan suku tersebut seperti pada tahun 2004 orang kulit hitam di sudan dibantai habis oleh orang arab. penyebab lainnya adalah ketika suatu negara ingin menguasai suatu wilayah sehingga harus memusnahkan masyarakat asli daerah tersebut seperti yang terjadi pada suku aborijin di australia dan suku indian di benua amerika ketika bangsa eropa mulai menjelalajah dunia ini

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara genosida mempengaruhi masyarakat dan bangsa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak christian, saya bantu jawab untuk hal ini y. jadi genosida memengaruhi masyarakat dengan stigma-stigma/ kebencian-kebencian yang akan tertanam sampai generasi seterusnya, sehingga akan muncul suatu stereotype yang menganggap suatu kebudayaan itu buruk biasanya terjadi pada masyarakat minoritas.

      Hapus
  6. Kak luis saya ingin bertanya. Kan kakak bilang cara mencegah genosida adalah kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Nah masyarakat maksudnya harus ngapain ya ? Apa yang perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah adanya genosida ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, disini saya akan menjawab pertanyaan kakak nih. jadi masyarakat disini tuh harus ikut serta membantu aparat dalam mencegah terjadinya genosida. masyarakat bisa melaporkan kepada aparat negara yang bersangkutan bila diduga ada suatu perkumpulan yang ingin melakukan genosida atau ketika orang tersebut dipengaruhi untuk membenci suatu kelompok masyarakat. nah mungkin begitu sih kak peran masyarakat dalam memberantas tindak genosida ini, jadi aku mau ingetin nih kak jika ada yang mengajak melakukan genosida harap langsung ditolak dan dilaporkan ke pihak terkait y. terimahkasih kak atas pertanyaannya

      Hapus
  7. sanksi apa yg dapat dikenakan pada pelaku genosida?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak alisha saya coba bantu jawab ya, jadi Dalam Konvensi tentang Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida, Pasal 4 menyatakan bahwa orang-orang yang melakukan genosida atau setiap dari perbuatan-perbuatan lain yang disebutkan dalam pasal 3 harus dihukum, apakah mereka adalah para penguasa yang bertanggungjawab secara Konstitusional, para pejabat negara, atau individu-individu biasa. Pasal 5 menyatakan bahwa para Negara Peserta berusaha membuat perundang-undangan yang diperlukan untuk memberlakukan ketentuan-ketentuan dalam Konvensi ini, dan terutama untuk menjatuhkan hukuman-hukuman yang efektif bagi orang-orang yang bersalah karena melakukan genosida atau setiap dari perbuatan-perbuatan lain yang disebutkan dalam pasal 3.

      Namun, jenis hukuman yang diberikan kepada pelaku genosida dapat bervariasi tergantung pada yurisdiksi hukum di mana pelaku tersebut diadili. Beberapa negara mungkin memiliki hukuman mati sebagai salah satu pilihan sanksi, sementara negara lain mungkin hanya memiliki hukuman penjara seumur hidup sebagai hukuman maksimum

      kira-kira begitu sih kak, terimahkasih ya kak atas pertanyaan yang diberikan

      Hapus
  8. Halo kak Luis. Aku mau tanya. Salah satu langkah pencegahan genosida yaitu Identifikasi. Maksudnya apa ya ? Korban diidentifikasi dan dipisahkan bagaimana ? Thank you.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak melna saya bantu jawab ya, maksudnya identifikasi disini adalah dengan memprediksi kira-kira seseorang melakukan gerak-gerik yang mencurigakan dengan tujuan melakukan pembunuhan massal atau bahasa kerennya genosida, misalkan dengan melihat orang yang sering berkumpul dan membahas sesuatu yang menunjukan tanda-tanda akan melakukan genosida bisa dilaporkan ke pihak berwajib untuk diusut lebih lanjut. jadi bukan dengan korban dari genosida yang diperiksa ya kak, karena kalau begitu berarti jatuhnya kita mau seseorang meninggal karena apa dong. terimahkasih ya kak atas pertanyaannya

      Hapus

Posting Komentar